Tuesday 12 January 2016

proposal usaha printer terlengkap punya



BAB I
PENDAHULUAN
1.1        Dasar Gagasan Membuka Bisnis Baru

Bisnis Percetakan adalah suatu jenis usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Terutama dalam beberapa tahun terakhir ini, bisnis percetakan semakin berkembang dengan pesat hal ini dapat dilihat dari munculnya pemain-pemain baru dalam bisnis ini baik itu sales atau marketing percetakan dan juga pengusaha-pengusaha baru dalam bisnis ini (hal ini berdasarkan pengamatan di daerah saya). Apalagi sekarang ditunjang dengan semakin banyak dan majunya teknologi pendukung dari bisnis percetakan ini.
Ada beberapa hal lagi yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Walaupun semakin hari orang yang membangun bisnis percetakan semakin bertambah tetapi konsumen atau pasarnya juga semakin terbuka lebar, sehingga hal tersebut merupakan sebuah peluang besar bagi anda yang saat ini mungkin masih bingung ingin menekuni bisnis apa yang harus dilakukan.
Untuk kebutuhan pasar atau konsumen produk-produk percetakan yang dibutuhkan diantaranya adalah barang-barang yang biasa kita lihat di sekeliling kita dan kita gunakan sehari-hari, misalnya buku tulis, pensil, pena dan peralatan tulis lainnya.
Bisnis Percetakan juga merupakan jenis usaha yang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang meskipun tidak mempunyai modal peralatan cetak sekalipun. Hal ini yang biasa dilakukan oleh sales atau marketing. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali percetakan-percetakan yang mempunyai peralatan cetak yang menyediakan jasa ongkos cetak untuk orang-orang yang tidak mempunyai peralatan, dengan biaya yang relatif murah (harga rekanan). Bahkan jika seseorang telah berpengalaman dalam bisnis percetakan ini, maka tanpa modal uang sekalipun usaha ini terkadang juga bisa dilakukan.





1.2        Nama dan Alamat Perusahaan
Usaha Percetakan Kecil ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Nama Perusahaan                       : Sahabat Fotocopy
Alamat                                       : Jalan Kartini dalam, Berancah

1.3        Bidang Usaha
Usaha yang kami dirikan merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa, dimana kami akan memberikan layanan kepada konsumen dengan sebaik mungkin dalam hal percetakan dan pendukung lainnya.

1.4        Bentuk Perusahaan
Bentuk usaha yang akan didirikan merupakan milik kelompok dimana kepemilikannya terdiri dari 2 orang yang mempunyai tugas yang berbeda dan keuntungan akan dibagi dua


BAB II.
BISNIS YANG DIUSULKAN
2.1        Sifat investasi (baru/perluasan)
Dilihat banyaknya orang yang membutuhkan, dan disekitaran lingkungan ditempat perencanaan pembuatan usaha kami belum ada yang membuka usaha percetakan tersebut, maka kami akan membuat sebuah usaha percetakan. Yang baru akan direncanakan dan dibuat, maka sifat investasi dari usaha percerakan  ini merupakan sifat Investasi Baru

2.2        Jenis Produk (produk utama dan sampingan)
Produk yang kami hasilkan ini termasuk usaha jenis jasa, maka kami mengutamakan kepuasan pelanggan. Dan produk ini termasuk pada jenis produk utama. Agar bisa membantu membangun citra/image positif bagi usaha yang sedang kami rintis. Pahami dengan jelas "apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan", tentang outputnya. Konfirmasikan detil order yang diterima, untuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila "kebanjiran" order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat, sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah. Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan pelaku usaha lain dengan jenis serupa.

BAB III
ASPEK TEKNIS
3.1        Sifat Proyek
Untuk Sifat dari Usaha Jasa Fotocopy  ini meliputi pemberian job dari seseorang atau kelompok yang bisa dilakukan secara manual datang “Sahabat Fotocopy” secara langsung atau juga melalui media sosial dan hotline
3.2        Jenis dan jumlah Produksi
Jenis usaha yang dihasilkan dan dibuat adalah usaha percetakan bersifat terbuka karena dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan dalam penjualan.Dan untuk Jumlah produksi sendiri, menghasilkan layanan berupa jasa fotocopy,print file,scan,jilid makalah dan penjualan ATK.
3.3        Lokasi
Adapun lokasi yang dirasa cukup potensial / menjanjikan sebagai tempat didirikannya “Sahabat Fotocopy” yaitu Jalan Kartini Dalam. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut dinilai cukup strategis dan representatif karena lokasinya terletak di belakang depan Sekolah Dasar dan ditunjang lagi dengan keberadaannya di persimpangan.
3.4        Bangunan
Luas produksi “Sahabat Fotocopy” meliputi sebuah bangunan yang lahannya tidak terlalu luas namun dinilai tetap representatif, yaitu berukuran 6 m x 6 m. Dikarenakan usaha ini merupakan jenis usaha kecil maka tidak diperlukan lahan produksi yang terlalu luas, namun diusahakan / dicoba untuk digunakan / ditata dengan sebaik-baiknya. Tetapi dengan luas produksi yang bisa dibilang tidak cukup luas ini, “Sahabat Fotocopy” mengusahakan untuk mengoptimalkan manfaat dari bangunan tersebut. Hal itu dikarenakan bangunan yang digunakan ini memberlakukankan sistem sewa / kontrak tahunan dan dilakukan dengan tujuan untuk mendukung penjualan jasa yang ditawarkan dan sebagai salah satu investasi tetap usaha tersebut.

3.5        Mesin dan Peralatan
Mesin-mesin yang digunakan oleh “Sahabat Fotocopy” terdiri dari berbagai spesifikasi antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Mesin fotokopi 1 buah
b.      Mesin potong kertas 1 buah
c.       Komputer 1 buah
d.      Printer 1 buah
e.       Scanner 1 buah
Sedangkan berbagai macam peralatan yang digunakan oleh “Sahabat Fotocopy” antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Kertas putih berbagai ukuran, ketebalan, dan berat.
b.      Kertas warna soft cover dan hard cover
c.       Tinta hitam dan tinta warna
d.      Lakban
e.       Peralatan ATK
f.       Staples & Isinya
g.      Penggaris 

3.6        Lay out Proses
“Sahabat Fotocopy” mengutamakan pelayanan kepada pelanggan agar merasa nyaman dan aman jika berada dalam lokasi tersebut. Oleh karena itu, lay out dirancang dengan serapi dan sebersih mungkin sehingga bisa memberikan kesan good looking dan interesting kepada para pelanggan. Sudah disadari bahwa lay out / keadaan lokasi merupakan salah satu faktor pendukung usahanya. Dengan demikian, konsumen / pelanggan akan merasa puas (satisfy) terhadap pelayanan “Sahabat Fotocopy”.
Gambaran Lay Out untuk usaha kami yakni:
3.7        Proses Produksi
Garis Besar Proses Produksi Percetakan
1.      Konsumen mendatangi tempat usaha / lokasi percetakan dengan membawa material atau konsep yang diinginkan untuk dicetak dan jika ingin membeli produk kami Atk bisa langsung ke Tempat usaha kami.
2.      Karyawan pada Toko kami akan langsung melayani konsumen.
3.      Begitu hasil cetakan telah selesai dibuat,kami akan menanyakan kepada konsumen keinginan selanjutnya untuk di laksanakan demi kenyamanan konsumen.
4.      Terakhir kalinya barang diantar/diambil oleh konsumen.

3.8        Kapasitas Produksi
Untuk usaha percetakan ini kami hanya menyediakan satu mesin fotocopy,satu mesin printer,satu mesin scanner,dan ATK dengan pengeluaran Rp.383.000,00
3.9        Bahan Baku dan Bahan Penolong
“Sahabat Fotocopy” melakukan pengadaan bahan baku untuk fotokopi yang berasal dari bahan-bahan yang berkualitas dan terjamin kebersihannya. Bahan baku diambil langsung dari pemasok yang sudah berpengalaman dan mempunyai stok yang besar, sehingga terhindar dari kelangkaan bahan dan bisa memenuhi keseluruhan kebutuhan bahan baku “Sahabat Fotocopy”.

3.10    Tenaga Kerja.
“Sahabat Fotocopy” membutuhkan para tenaga kerja yang memiliki kompetensi, profesionalitas, loyalitas, dan mampu memberikan pelayanan (service) yang memuaskan konsumen. Untuk sementara ini, total karyawan yang dimiliki oleh “Sahabat Fotocopy” adalah 1 orang karyawan dengan spesifikasinya adalah bertugas untuk melayani kebutuhan konsumen. Dengan komposisi karyawan sebagaimana di atas, diharapkan “Sahabat Fotocopy” dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen.




BAB IV.  ASPEK PEMASARAN
4.1        Peluang Pasar
Desa Berancah merupakn sebuah Desa besar yang ada di Kecamatan Bantan Dimana peluang usaha percetakan sangatlah menggiurkan. Ini dapat dilihat dari  ada nya sekolah seperti SD,MDA,MI dan kantor Desa dan yang lainnya  yang ada yang belum didukung oleh adanya tempat percetakan. Karenanya warga, peserta didik, maupun dari kalangan PNS ketika mereka ingin membuat laporan atau tugas, mereka harus menempuh beberapa  kilometer, ke temat foto copy terdekat untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaannya. Selain itu, kebutuhan perangkat-perangkat pendukung dalam proses belajar mengajar, seperti buku, alat tulis dan komponen pendukung lainnya yang masih minim di daerah ini mengakibatkan peserta didik dan pengajar rela menempuh jarak beberapa  kilometer untuk mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan untuk mendukng proses belejar mengajar.
Maka dari itu, kami melihat ini sebagai peluang yang cukup menggiurkan untuk mendirikan usaha percetakan dan pusat ATK.dan kami sangat optimis usaha yang akan kami dirikan nanti cukup maju  dan memiliki peluang pasar yang sangat besar karna ditempat usaha yang akan kami dirikan nanti belum terdapat satu pun tempat percetakan, fotocopy dan ATK.

4.2        Daerah Pemasaran (Market Segmenting)
Untuk pemasaran dari usaha yang akan kami dirikan nantinya kami akan memasarkan produk kami di wilayah Desa Berancah dan Desa tetangga yaitu Desa  Ulupulau. Serta kami akan bekerja sama dengan Kantor Desa Berancah dan Kantor Desa Ulupulau serta sekolah sekolah yang ada di wilayah Desa  Berancah untuk memberikan job yang berhubungan dengan percetakan dan ATK yang berhubungan dengan keperluan Sekolah tersebut.

4.3        Pasar Sasaran (Market Targeting)
Yang menjadi target market adalah  Sekolah SD,MDA,,Siswa/I dari berbagai jenjang pendidikan, karyawan ,Mahasiswa,Kantor Desa berancah dan Kantor Desa Ulupulau serta masyarakat pada umumnya
4.4        Volume dan Harga Penjualan
     Senin – Minggu         Jam : 07.00 – 12.00       Harga : Rp. 250/lembar
                                       Jam : 12.30 – 17.30       Harga : Rp. 250/lembar
                                       Jam : 19.00 – 21.30       Harga : Rp. 250/lembar
4.5        Masa Hidup Produk
Masa hidup untuk bidang usaha kami cukup lama karna Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang,dan untuk menambah masa hidup produk kami berencana akan mengembangkan dan memperluas  usaha kami kedepannya nanti.
4.6        Struktur Pasar
Struktur Pasar untuk usaha kami ialah Pasar Oligopoli karna  sesuai dengan Ciri keterkaitan yang khas pada pasar oligopoli adalah kebijakan penurunan harga barang oleh suatu perusahaan cenderung akan diikuti oleh perusahaan lannnya. Hal ini tidak terjadi ketika perusahaan lainnya menaikkan harga barannya.Perusahaan dalam pasar oligopoly yang menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda harus melakukan promosi untuk mengenalkan produknya pada pembeli.

4.7        Persaingan dan Strategi Bersaing
4.7.1        Persaingan
Untuk persaingan dibidang ini masih minimum karna diwilayah ini usaha yang akan kami dirikan merupakan usaha satu satunya. sehingga pesaing di dalam pasar tidak berpengaruh cukup besar terhadap jalannya usaha fotokopi ini. Hal ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemilik usaha dengan mendirikan “Sahabat Fotocopy”. Dengan sedikitnya pesaing maka secara tidak langsung akan mempengaruhi jumlah pendapatan dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi “Sahabat Fotocopy”. Selain itu, hal ini juga akan membatasi peluang bisnis bagi pesaing-pesaing baru yang akan membuka usaha yang sejenis. Hal ini dikarenakan “Sahabat Fotocopy” akan menjadi pusat / center baru dalam memenuhi kebutuhan pasar (konsumen) akan usaha fotokopi dan sekitarnya.
4.7.2        Strategi Bersaing
Dari segi pemasaran kami tidak perlu mengeluarkan strategi pemsaran khusus karena usaha ini merupakn usaha pertama yang ada di sekitar wilayah rencana pendirian usaha kami, mungkin hanya dari segi pelayanan pelanggan ,kami memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 13.5 jam, pegawai yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.dan untuk pemasaran kami menggunakan 2 strategi yakni:
a)      Melakukan promosi via people ( teman, saudara dan  masyarakat)
b)      Melakukan promosi via elektronik ( handphone, jejaring sosial di internet seperti BBM, facebook, twitter, dan lain-lain)
4.8        Ukuran Pasar dan Pertumbuhannya
Melihat dari target dari volume penjualan yang direncanakan yang cukup tinggi dan dengan tingkat persaingan yang rendah serta rencana  kerja sama yang akan terjalin kami dapat menarik kesimpulan nantinya Pasar sangat Berpotensial untuk Usaha kami nantinya
Melihat dari pertumbuhan penjualan yang kami targetkan yang akan lebih 20% perbulannya kami Optimis potensial pasar tinggi untuk usaha kami nantinya.
4.9        Pangsa Pasar
pangsa pasar untuk usaha kami sangat menjanijikan karna setiap harinya sangat membutuhkan mesin fotocopy atau jasa fotocopy dan lokasi yang cukup strategis. Sehingga Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEP antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai.

4.10    Gross Profit Margin(pendapatan  atau keuntungan kotor)
Berikut ini ialah Gross Profit Margin Dari Usaha kami selama 1 bulan atau 30 hari kerja:
1.FotoCopy
Harga 1 lembar fotocopy = Rp 250 x  9000 lembar   = >Rp 2.250.000
Maka  keuntungan dari fotocopy ialah Rp 3.625.000
2.Jilid
Harga 1 Jilid Buku = Rp 3.000 x  50 = Rp 1.500.000
Maka keuntungan dari menJilid buku ialah Rp 900.000
3.Printer
Harga 1 lembar print  biasa Rp 500 tiap lembar x  2.100 lembar = Rp 1.050.000
Harga 1 lembar print  warna Rp 1000 tiap lembar x  900 lembar = Rp 900.000
4.Scanner
1         lembar scan file Rp 2.000 x  30 = Rp 60.000
5.Atk
NO
Nama Barang Terjual
Harga Jual
Prediksi keuntungan
1
1 Pack Pulpen Gel motif snine banner @12 buah
Rp. 3.000,00
Rp. 36.000,00

2
2 Pack Pulpen Gel motif paris france @12 buah    
Rp. 4.000,00
Rp. 96.000,00

3
3 Pack Pulpen Gel motif my friend @12 buah
Rp. 3.000,00
Rp. 108.000,00

4
2 Pack Pulpen Gel motif drawing time @12 buah
Rp. 3.000,00
Rp. 72.000,00

5
3 Pack Pulpen Gel motif yesterday @12 buah
Rp. 3.500,00
Rp. 126.000,00

6
2 Pack Pulpen Gel motif Queen @12 buah
Rp. 3.000,00
Rp. 72.000,00

7
2 Pack Penghapus bermotif @12 buah  
Rp. 1.000,00
Rp. 24.000,00

8
2 Pack Pencil for computer @12 buah  
Rp. 3.000,00
Rp. 72.000,00

9
2 Pack Pengaris lipat @ 6 buah
Rp. 3.000,00
Rp. 38.000,00


Total

Rp  647.000,00

BAB V.   ASPEK MANAJEMEN
             
5.1  Kepemilikan
Usaha Percetakan Kecil ini merupakan usaha milik Dua Orang, dimana pengurus usaha adalah:
Nama usaha                               : Sahabat Fotocopy
Nama pemilik/pimpinan usaha   : Nurul Eliza  dan Fina Miliyani
Alamat kantor/tempat usaha     : Jl. Kartini depan Sdn 015 Penawa Darat No 20 Berancah
No. Telp                                     : 082285412491 / 082283506463
karyawan/tenaga kerja               :  1 orang       

5.2  Struktur Organisasi
Struktur Organisasi








 











5.3  Tim Manajemen
Untuk menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi Sahabat Fotocopy maka diperlukan suatu uraian pekerjaan sebagai berikut:
·      Nama Jabatan : Pemilik Usaha
Hubungan Organisasi : Dengan Karyawan
Ringkasan Pekerjaan : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
Tugas dan tanggung jawab :
a.    Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut operasional perusahaan
b.   Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja
c.    Menjamin operasional Sahabat Fotocopy secara hokum
d.   Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional Sahabat Fotocopy
e.    Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan financial
f.    Bertanggung jawab dalam memajukan usaha
g.   Memegang kunci master seluruh ruangan Sahabat Fotocopy
5.4  Tenaga Kerja/Karyawan
Jumlah tenaga Kerja  yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini ialah 1 orang karyawan ,yang bekerja dari hari Senin S/d Sabtu dengan jam oprasional yang telah ditentukan .Dan untuk hari minggu atau hari libur Nasional Tugas dan tangung jawab karyawan diambil alih oleh pemilik usaha dan bagian keuangan.


BAB VI.    ASPEK KEUANGAN
6.1  Kebutuhan Dana
Modal Investasi
Sewa Tempat /Tahun
Rp     7.000.000,-
1 Mesin Foto Copy
Rp   24.000.000,-
komputer pc(Acer Aspire M1201)
Rp     3.850.000
Scanner Cannon
Rp        799.000
printer(canon)
Rp        675.000
Etalase
Rp     1.500.000,-
Meja dan Kursi
Rp        300.000,-
Alat pemotong kertas
Rp        300.000,-
Rak kayu dan meja display
Rp.    1.000.000
Staples besar  
Rp        300.000,-
Steples kecil
Rp          27.000,-
 2 buah Cutter
Rp          20.000,-
 2 buah Mistar besi
Rp          10.000,-

Total

Rp   45.199.000,-

Modal kerja
Kertas (F4, A4, & Q)
24  Rim X Rp 29.000,-           = Rp       696.000
Tinta mesin fotocopy
1kg X Rp 125.000,-                = Rp       125.000,-
Tinta printer Epson
1 pack                                         Rp       125.000,-
Listrik  Fotocopy
10000  lembar  X   @ Rp 5     = Rp         50.000
2 buah Lakban
                                                    Rp         24.000,-
Isi Staples
Besar (1 pack)
Kecil (1 pack)

                                                    Rp         38.000,-
                                                    Rp         35.000,-
Jilid Makalah
Kertas buffalo F4 (I Pack /100 lembar)
Plastik Mika Jilid Warna(I Pack /100 lembar)


                                                    Rp         27.000,-
                                                    Rp         33.000,-
ATK
1.      1 Pack Pulpen Gel motif snine banner @12 buah
2.      2 Pack Pulpen Gel motif paris france @12 buah  
3.      3 Pack Pulpen Gel motif my friend @12 buah
4.      2 Pack Pulpen Gel motif drawing time @12 buah
5.      3Pack Pulpen Gel motif yesterday @12 buah
6.      2 Pack Pulpen Gel motif Queen @12 buah
7.      2 Pack Penghapus bermotif @12buah  
8.      2 Pack Pencil for computer @12 buah 
9.      2 Pack Pengaris lipat @ 6 buah
Total ATK
                                                  
Rp. 21.000,00 x 1                    = Rp         21.000,-

Rp. 21.000,00 x 2                    = Rp         42.000,

Rp. 21.000,00 x 3                    = Rp         63.000,
                                              
Rp. 21.000,00 x 2                    = Rp         42.000,

Rp. 21.000,00 x 3                    = Rp         63.000,

Rp. 19.000,00 x 2                    = Rp         38.000,

Rp. 18.000,00 x 2                    = Rp         36.000,
Rp. 15.000,00 x 2                    = Rp         30.000,
Rp. 12.000,00 x 2                    = Rp         24.000,
                                                    Rp       383.000
Total
                                                   Rp      1.488.000
Biaya  tetap
Gaji Karyawan
                                                    Rp       500.000
Gaji Bagian Keuangan
                                                    Rp      1.250.000
Gaji Pimpinan
                                                    Rp      1.250.000
Listrik
                                                    Rp         20.000
Biaya tak terduga
                                                    Rp       293.000
Total
                                                    Rp      3.313.000

6.2  Sumber Dana
Dana bersumber dari Modal asing, yaitu dengan mendapatkan modal dari pihak ketiga yang tidak terlibat langsung dengan usaha yang akan dijalankan, disini kami mendapat modal dari Bapak Desi Amirullah selaku peminjam.

6.3  Prediksi Pendapatan
  Total prediksi pendapatan  untuk 1 bulan atau 30 hari jam kerja pada usaha Sahabat Fotocopy yang akan kami dirikan  ialah
Total pendapatan kotor =fotocopy+jilid+Print Biasa + Print Warna + Scanner +ATK
Total  =Rp 3.625.000+Rp 900.000+Rp 1.050.000+Rp 900.000+Rp 60.000+Rp 647.000
   =Rp  7.182.000
Maka :
Prediksi pendapatan Bersih:
=Total Pendapatan kotor – Biaya Oprasional – Biaya tetap
= Rp  7.182.000 -  Rp  1.488.000  -  Rp  3.313.000
= Rp  2.381.000

Jadi prediksi pendapatan bersih selama 1 bulan ialah Rp  2.381.000




6.4  Prediksi Biaya
6.4.1        Foto copy
a.          Kertas  Rp 29.000 /  500 lembar  = Rp 58
Rp 58 x 9.000 lembar   =Rp 522.000
b.         Tinta => 1kg = Rp 125.000,-
 => 1 kg   untuk 20.000 lembar
 => Rp 125.000 /  20.000 = Rp 6.25  
=>  Rp 6.25    x   9.000  lembar    = Rp 56.250
c.          Listrik  @ Rp 5 tiap lembar
       Rp 5  x  9.000lembar    =  Rp 45.000

d.         Total Pengeluaran  Rp 623.250

6.4.2        Print Soft File
a.       Print Biasa
§  Kertas
Kertas  Rp 29.000 /  500 lembar  = Rp 58
Rp 58 x 2.100 lembar   =Rp 121.800

§  Tinta
1 botol  tinta hitam bisa menghasilkan cetakan hingga 4000 lembar dokumen teks A4.
1 pack tinta berisi 4 warna dengan harga Rp 125.000
1 botol tinta hitam =>  Rp 125.000  :   4 = Rp 31.250
Rp 31.250  :  4000 lembar  = Rp 7.8
Rp 7.8 x  2.100 lembar   =Rp 16.380

§  Listrik @ Rp 5 tiap lembar
Rp 5  x  2.100  lembar    =  Rp 10.500

§  Total  pengeluaran
Rp 121.800 + Rp 16.380  +  Rp 10.500  =   Rp  148.680

b.      Print Warna

§  Kertas
Kertas  Rp 29.000 /  500 lembar  = Rp 58
Rp 58 x 900 lembar   =Rp 52.200

§  Tinta
3 warna CMY bisa menghasilkan cetakan dokumen teks warna A4 hingga 6500 lembar
1 pack tinta berisi 4 warna dengan harga Rp 125.000
3 botol tinta warna => Rp 31.250 x 3  =   Rp  93.750
Rp  93.750:  6500 lembar  = Rp 14.42
Rp 14.42x  900 lembar   =Rp 12.975

§  Listrik @ Rp 5 tiap lembar
Rp 5  x  900  lembar    =  Rp 4.500

§  Total  pengeluaran
Rp 52.200  + Rp 12.975 +  Rp 4.500 =   Rp  69.678

6.4.3        Jilid
§  Kertas buffalo F4 (I Pack /100 lembar) = Rp 27.000
I lembar => Rp 27.000 /  100 lembar = Rp 270
Rp 270 x 50 jilid = Rp 13.500
§  Plastik Mika Jilid Warna(I Pack /100 lembar) = Rp 33.000
I lembar => Rp 33.000 /  100 lembar = Rp 330
Rp 330 x 50 jilid = Rp 16.500
§  1 pack Isi staples untuk 100  jilid   Rp  38.000,-
I jilid = Rp  38.000 /  100 = Rp 380
Rp 380 x 50 = Rp  19.000
§  1 Lakban panjang = 12 m atau 1200 cm
1 Kertas  buffalo panjang  = 30 cm
Untuk 1 lakban  = 1200 cm  /   30 cm = 40 jilid
Untuk 1 jilid = Rp 12.000 / 40 = Rp 300
Biaya lakban untuk 50 jilid =>  Rp 300 x  50 = Rp 15000
§  Total pengeluaran = Rp 64.000
6.4.4        Scanner
1 kali scanner biaya listrik Rp 150
Rp 500 x 30 = Rp  30.000
6.4.5        Atk
Nama
Modal
a.       1 Pack Pulpen Gel motif snine banner @12 buah
b.      2 Pack Pulpen Gel motif paris france @12 buah  
c.       3 Pack Pulpen Gel motif my friend @12 buah
d.      2 Pack Pulpen Gel motif drawing time @12 buah
e.       3Pack Pulpen Gel motif yesterday @12 buah
f.       2 Pack Pulpen Gel motif Queen @12 buah
g.      2 Pack Penghapus bermotif @12buah  
h.      2 Pack Pencil for computer @12 buah 
i.        2 Pack Pengaris lipat @ 6 buah
Rp. 21.000,00 x 1      = Rp   21.000,-

Rp. 21.000,00 x 2      = Rp   42.000,

Rp. 21.000,00 x 3      = Rp   63.000,
                                              
Rp. 21.000,00 x 2      = Rp   42.000,

Rp. 21.000,00 x 3      = Rp   63.000,

Rp. 19.000,00 x 2      = Rp   38.000,

Rp. 18.000,00 x 2      = Rp   36.000,

Rp. 15.000,00 x 2      = Rp   30.000,

Rp. 12.000,00 x 2      = Rp   24.000,

Total
                                       Rp  359.000

6.2.1        Total  prediksi biaya produksi  keseluruhan
Total  =  Rp 623.250+Rp 148.680 + Rp  69.678 +  Rp 64.000 + Rp  30.000 + Rp  359.000
               Rp 1.294.605
6.3  Prediksi Rugi Laba
§   Total pengeluaran keseluruhan
~        Total prediksi biaya produksi keseluruhan      Rp 1.294.605
~        Biaya  tetap                                                      Rp 3.313.000
                                                                                Rp 4.607.605
Laba / Rugi  = Total pendapatan -  Total Pengeluaran keseluruhan
Rp  7.182.000      -  Rp 4.607.605
Rp  2.574.395 per bulan

Keuntungan / Laba per hari      = Rp  2.574.395 / 30
= Rp  85.813
Keuntungan / Laba per Tahun  = Rp  2.574.395 x 12
= Rp  30.892.740

Jadi Laba yang diperoleh dari usaha Sahabat Fotocopy yang kami dirikan yakni
Laba perhari     = Rp  85.813
Laba Perbulan  = Rp  2.574.395
Laba Pertahun  = Rp  30.892.740

6.4  Kriteria Investasi
Untuk melihat apakah Usaha yang akan kami dirikan layak dilaksanakan atau pun tidak . untuk mengambil keputusan tersebut kami menggunakan metode Kriteria Investasi Pay Back Period (PBP) yaitu:
 Jumlah investasi                                    Rp 45.199.000,-    
            Laba pada tahun ke _1                           Rp. 30.892.740
PBP = Rp 45.199.000 /  Rp 30.892.740 = 1,46
Maka modal investasi dapat dikembalikan dalam waktu 1.5 Tahun  sehingga menurut kami usaha ini layak untuk didirikan.


BAB VIII KESIMPULAN
7.1  KESIMPULAN

Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.

7.2  SARAN
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.





1 comment: