BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Dasar
Gagasan Membuka Bisnis Baru
Bisnis
Percetakan adalah suatu jenis usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
Terutama dalam beberapa tahun terakhir ini, bisnis percetakan
semakin berkembang dengan pesat hal ini dapat dilihat dari munculnya
pemain-pemain baru dalam bisnis ini baik itu sales atau marketing percetakan
dan juga pengusaha-pengusaha baru dalam bisnis ini (hal ini berdasarkan
pengamatan di daerah saya). Apalagi sekarang ditunjang dengan semakin
banyak dan majunya teknologi pendukung dari bisnis percetakan ini.
Ada
beberapa hal lagi yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Walaupun semakin hari
orang yang membangun bisnis
percetakan semakin bertambah tetapi konsumen atau
pasarnya juga semakin terbuka lebar, sehingga hal tersebut merupakan sebuah
peluang besar bagi anda yang saat ini mungkin masih bingung ingin menekuni
bisnis apa yang harus dilakukan.
Untuk
kebutuhan pasar atau konsumen produk-produk percetakan yang
dibutuhkan diantaranya adalah barang-barang yang biasa kita lihat di sekeliling
kita dan kita gunakan sehari-hari, misalnya buku tulis, pensil, pena
dan peralatan tulis lainnya.
Bisnis
Percetakan juga merupakan jenis usaha yang bisa
dilakukan oleh kebanyakan orang meskipun tidak mempunyai modal peralatan cetak
sekalipun. Hal ini yang biasa dilakukan oleh sales atau marketing. Hal tersebut
dikarenakan banyak sekali percetakan-percetakan yang mempunyai peralatan cetak
yang menyediakan jasa ongkos cetak untuk orang-orang yang tidak mempunyai
peralatan, dengan biaya yang relatif murah (harga rekanan). Bahkan jika
seseorang telah berpengalaman dalam bisnis percetakan ini, maka tanpa modal
uang sekalipun usaha ini terkadang juga bisa dilakukan.
1.2
Nama
dan Alamat Perusahaan
Usaha Percetakan
Kecil ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Nama
Perusahaan : Sahabat
Fotocopy
Alamat : Jalan
Kartini dalam, Berancah
1.3
Bidang
Usaha
Usaha
yang kami dirikan merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa, dimana kami akan
memberikan layanan kepada konsumen dengan sebaik mungkin dalam hal percetakan
dan pendukung lainnya.
1.4
Bentuk
Perusahaan
Bentuk
usaha yang akan didirikan merupakan milik kelompok dimana kepemilikannya
terdiri dari 2 orang yang mempunyai tugas yang berbeda dan keuntungan akan dibagi
dua
BAB
II.
BISNIS
YANG DIUSULKAN
2.1
Sifat
investasi (baru/perluasan)
Dilihat banyaknya orang yang membutuhkan, dan disekitaran lingkungan ditempat
perencanaan pembuatan usaha kami belum ada yang membuka usaha percetakan
tersebut, maka kami akan
membuat sebuah usaha percetakan. Yang baru akan direncanakan dan dibuat, maka sifat investasi
dari usaha percerakan ini merupakan sifat Investasi Baru
2.2
Jenis
Produk (produk utama dan sampingan)
Produk yang kami
hasilkan ini termasuk usaha jenis jasa, maka kami mengutamakan kepuasan
pelanggan. Dan produk ini termasuk pada jenis produk utama. Agar bisa membantu
membangun citra/image positif bagi usaha yang sedang kami rintis. Pahami dengan
jelas "apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan", tentang outputnya.
Konfirmasikan detil order yang diterima, untuk mengurangi resiko
kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan
penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila
"kebanjiran" order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi
kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat,
sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah.
Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan pelaku
usaha lain dengan jenis serupa.
BAB
III
ASPEK
TEKNIS
3.1
Sifat
Proyek
Untuk
Sifat dari Usaha Jasa Fotocopy ini
meliputi pemberian job dari seseorang atau kelompok yang bisa dilakukan secara
manual datang “Sahabat Fotocopy” secara langsung atau juga melalui media sosial dan hotline
3.2
Jenis
dan jumlah Produksi
Jenis usaha yang dihasilkan dan dibuat adalah usaha
percetakan bersifat terbuka karena dengan demikian dapat meningkatkan
pendapatan dalam penjualan.Dan
untuk Jumlah produksi sendiri, menghasilkan layanan berupa jasa
fotocopy,print file,scan,jilid makalah dan penjualan ATK.
3.3
Lokasi
Adapun
lokasi yang dirasa cukup potensial / menjanjikan sebagai tempat didirikannya
“Sahabat Fotocopy” yaitu Jalan Kartini Dalam. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut
dinilai cukup strategis dan representatif karena lokasinya terletak di belakang
depan Sekolah Dasar dan ditunjang lagi dengan keberadaannya di persimpangan.
3.4
Bangunan
Luas
produksi “Sahabat Fotocopy” meliputi sebuah bangunan yang lahannya tidak terlalu
luas namun dinilai tetap representatif, yaitu berukuran 6 m x 6 m. Dikarenakan
usaha ini merupakan jenis usaha kecil maka tidak diperlukan lahan produksi yang
terlalu luas, namun diusahakan / dicoba untuk digunakan / ditata dengan
sebaik-baiknya. Tetapi dengan luas produksi yang bisa dibilang tidak cukup luas
ini, “Sahabat Fotocopy” mengusahakan untuk mengoptimalkan manfaat dari bangunan
tersebut. Hal itu dikarenakan bangunan yang digunakan ini memberlakukankan
sistem sewa / kontrak tahunan dan dilakukan dengan tujuan untuk mendukung
penjualan jasa yang ditawarkan dan sebagai salah satu investasi tetap usaha
tersebut.
3.5
Mesin
dan Peralatan
Mesin-mesin
yang digunakan oleh “Sahabat Fotocopy” terdiri dari berbagai spesifikasi antara
lain adalah sebagai berikut :
a. Mesin
fotokopi 1 buah
b. Mesin
potong kertas 1 buah
c. Komputer
1 buah
d. Printer
1 buah
e. Scanner
1 buah
Sedangkan berbagai
macam peralatan yang digunakan oleh “Sahabat Fotocopy” antara lain adalah
sebagai berikut :
a. Kertas
putih berbagai ukuran, ketebalan, dan berat.
b. Kertas
warna soft cover dan hard cover
c. Tinta
hitam dan tinta warna
d. Lakban
e. Peralatan
ATK
f. Staples
& Isinya
g. Penggaris
3.6
Lay
out Proses
“Sahabat
Fotocopy” mengutamakan pelayanan kepada pelanggan agar merasa nyaman dan aman
jika berada dalam lokasi tersebut. Oleh karena itu, lay out dirancang dengan
serapi dan sebersih mungkin sehingga bisa memberikan kesan good looking dan
interesting kepada para pelanggan. Sudah disadari bahwa lay out / keadaan
lokasi merupakan salah satu faktor pendukung usahanya. Dengan demikian,
konsumen / pelanggan akan merasa puas (satisfy) terhadap pelayanan “Sahabat
Fotocopy”.
Gambaran
Lay Out untuk usaha kami yakni:
3.7
Proses
Produksi
Garis Besar Proses Produksi Percetakan
1.
Konsumen mendatangi tempat usaha /
lokasi percetakan dengan membawa material atau konsep yang diinginkan untuk
dicetak dan jika ingin membeli produk kami Atk bisa langsung ke Tempat usaha
kami.
2.
Karyawan pada Toko kami akan
langsung melayani konsumen.
3.
Begitu hasil cetakan telah selesai
dibuat,kami akan menanyakan kepada konsumen keinginan selanjutnya untuk di
laksanakan demi kenyamanan konsumen.
4.
Terakhir kalinya barang
diantar/diambil oleh konsumen.
3.8
Kapasitas
Produksi
Untuk
usaha percetakan ini kami hanya menyediakan satu mesin fotocopy,satu mesin
printer,satu mesin scanner,dan ATK dengan pengeluaran Rp.383.000,00
3.9
Bahan
Baku dan Bahan Penolong
“Sahabat
Fotocopy” melakukan pengadaan bahan baku untuk fotokopi yang berasal dari
bahan-bahan yang berkualitas dan terjamin kebersihannya. Bahan baku diambil
langsung dari pemasok yang sudah berpengalaman dan mempunyai stok yang besar,
sehingga terhindar dari kelangkaan bahan dan bisa memenuhi keseluruhan
kebutuhan bahan baku “Sahabat Fotocopy”.
3.10
Tenaga
Kerja.
“Sahabat
Fotocopy” membutuhkan para tenaga kerja yang memiliki kompetensi,
profesionalitas, loyalitas, dan mampu memberikan pelayanan (service) yang
memuaskan konsumen. Untuk sementara ini, total karyawan yang dimiliki oleh
“Sahabat Fotocopy” adalah 1 orang karyawan dengan spesifikasinya adalah bertugas
untuk melayani kebutuhan konsumen. Dengan komposisi karyawan sebagaimana di
atas, diharapkan “Sahabat Fotocopy” dapat memberikan pelayanan yang maksimal
kepada para konsumen.
BAB
IV. ASPEK PEMASARAN
4.1
Peluang
Pasar
Desa
Berancah merupakn sebuah Desa besar yang ada di Kecamatan Bantan Dimana peluang
usaha percetakan sangatlah menggiurkan. Ini dapat dilihat dari ada nya sekolah seperti SD,MDA,MI dan kantor
Desa dan yang lainnya yang ada yang
belum didukung oleh adanya tempat percetakan. Karenanya warga, peserta didik,
maupun dari kalangan PNS ketika mereka ingin membuat laporan atau tugas, mereka
harus menempuh beberapa kilometer, ke
temat foto copy terdekat untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaannya. Selain
itu, kebutuhan perangkat-perangkat pendukung dalam proses belajar mengajar,
seperti buku, alat tulis dan komponen pendukung lainnya yang masih minim di
daerah ini mengakibatkan peserta didik dan pengajar rela menempuh jarak
beberapa kilometer untuk mendapatkan
barang-barang yang mereka butuhkan untuk mendukng proses belejar mengajar.
Maka
dari itu, kami melihat ini sebagai peluang yang cukup menggiurkan untuk
mendirikan usaha percetakan dan pusat ATK.dan kami sangat optimis usaha yang
akan kami dirikan nanti cukup maju dan
memiliki peluang pasar yang sangat besar karna ditempat usaha yang akan kami
dirikan nanti belum terdapat satu pun tempat percetakan, fotocopy dan ATK.
4.2
Daerah
Pemasaran (Market Segmenting)
Untuk
pemasaran dari usaha yang akan kami dirikan nantinya kami akan memasarkan produk
kami di wilayah Desa Berancah dan Desa tetangga yaitu Desa Ulupulau. Serta kami akan bekerja sama dengan
Kantor Desa Berancah dan Kantor Desa Ulupulau serta sekolah sekolah yang ada di
wilayah Desa Berancah untuk memberikan
job yang berhubungan dengan percetakan dan ATK yang berhubungan dengan
keperluan Sekolah tersebut.
4.3
Pasar
Sasaran (Market Targeting)
Yang
menjadi target market adalah Sekolah SD,MDA,,Siswa/I
dari berbagai jenjang pendidikan, karyawan ,Mahasiswa,Kantor Desa berancah dan
Kantor Desa Ulupulau serta masyarakat pada umumnya
4.4
Volume
dan Harga Penjualan
Senin – Minggu Jam : 07.00 – 12.00 Harga
: Rp. 250/lembar
Jam : 12.30 – 17.30 Harga : Rp. 250/lembar
Jam : 19.00 – 21.30 Harga : Rp. 250/lembar
4.5
Masa
Hidup Produk
Masa hidup
untuk bidang usaha kami cukup lama karna Mengingat adanya peluang yang besar
dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang,dan untuk menambah masa hidup
produk kami berencana akan mengembangkan dan memperluas usaha kami kedepannya nanti.
4.6
Struktur
Pasar
Struktur
Pasar untuk usaha kami ialah Pasar Oligopoli karna sesuai dengan Ciri keterkaitan yang khas pada
pasar oligopoli adalah kebijakan penurunan harga barang oleh suatu perusahaan
cenderung akan diikuti oleh perusahaan lannnya. Hal ini tidak terjadi ketika
perusahaan lainnya menaikkan harga barannya.Perusahaan dalam pasar oligopoly
yang menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda harus
melakukan promosi untuk mengenalkan produknya pada pembeli.
4.7
Persaingan
dan Strategi Bersaing
4.7.1
Persaingan
Untuk
persaingan dibidang ini masih minimum karna diwilayah ini usaha yang akan kami
dirikan merupakan usaha satu satunya. sehingga pesaing di dalam pasar tidak
berpengaruh cukup besar terhadap jalannya usaha fotokopi ini. Hal ini
dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemilik usaha dengan mendirikan “Sahabat
Fotocopy”. Dengan sedikitnya pesaing maka secara tidak langsung akan
mempengaruhi jumlah pendapatan dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar
bagi “Sahabat Fotocopy”. Selain itu, hal ini juga akan membatasi peluang bisnis
bagi pesaing-pesaing baru yang akan membuka usaha yang sejenis. Hal ini
dikarenakan “Sahabat Fotocopy” akan menjadi pusat / center baru dalam memenuhi
kebutuhan pasar (konsumen) akan usaha fotokopi dan sekitarnya.
4.7.2
Strategi
Bersaing
Dari
segi pemasaran kami tidak perlu mengeluarkan strategi pemsaran khusus karena
usaha ini merupakn usaha pertama yang ada di sekitar wilayah rencana pendirian
usaha kami, mungkin hanya dari segi pelayanan pelanggan ,kami
memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 13.5 jam, pegawai
yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.dan
untuk pemasaran kami menggunakan 2 strategi yakni:
a) Melakukan
promosi via people ( teman, saudara dan
masyarakat)
b) Melakukan
promosi via elektronik ( handphone, jejaring sosial di internet seperti BBM,
facebook, twitter, dan lain-lain)
4.8
Ukuran
Pasar dan Pertumbuhannya
Melihat
dari target dari volume penjualan yang direncanakan yang cukup tinggi dan
dengan tingkat persaingan yang rendah serta rencana kerja sama yang akan terjalin kami dapat
menarik kesimpulan nantinya Pasar sangat Berpotensial untuk Usaha kami nantinya
Melihat
dari pertumbuhan penjualan yang kami targetkan yang akan lebih 20% perbulannya
kami Optimis potensial pasar tinggi untuk usaha kami nantinya.
4.9
Pangsa
Pasar
pangsa
pasar untuk usaha kami sangat menjanijikan karna setiap harinya sangat
membutuhkan mesin fotocopy atau jasa fotocopy dan lokasi yang cukup strategis.
Sehingga Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEP antara total pengeluaran
dan total pendapatan sangat cepat dicapai.
4.10 Gross
Profit Margin(pendapatan atau keuntungan
kotor)
Berikut
ini ialah Gross Profit Margin
Dari Usaha kami selama 1 bulan atau 30 hari kerja:
1.FotoCopy
Harga 1 lembar fotocopy = Rp 250 x 9000 lembar
= >Rp 2.250.000
Maka
keuntungan dari fotocopy ialah Rp 3.625.000
2.Jilid
Harga 1 Jilid Buku = Rp 3.000 x 50 = Rp 1.500.000
Maka keuntungan dari menJilid buku ialah Rp 900.000
3.Printer
Harga 1 lembar print biasa Rp 500 tiap lembar x 2.100 lembar = Rp 1.050.000
Harga 1 lembar print
warna Rp 1000 tiap lembar x 900
lembar = Rp 900.000
4.Scanner
1
lembar scan file Rp 2.000 x 30 = Rp 60.000
5.Atk
NO
|
Nama Barang Terjual
|
Harga Jual
|
Prediksi keuntungan
|
1
|
1 Pack Pulpen Gel motif snine banner @12 buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 36.000,00
|
2
|
2 Pack Pulpen Gel motif paris france @12
buah
|
Rp. 4.000,00
|
Rp. 96.000,00
|
3
|
3 Pack Pulpen Gel motif my friend @12 buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 108.000,00
|
4
|
2 Pack Pulpen Gel motif drawing time @12 buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 72.000,00
|
5
|
3 Pack Pulpen Gel motif yesterday @12 buah
|
Rp. 3.500,00
|
Rp. 126.000,00
|
6
|
2 Pack Pulpen Gel motif Queen @12 buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 72.000,00
|
7
|
2 Pack Penghapus bermotif @12 buah
|
Rp. 1.000,00
|
Rp. 24.000,00
|
8
|
2 Pack Pencil for computer @12 buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 72.000,00
|
9
|
2 Pack Pengaris lipat @ 6 buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 38.000,00
|
Total
|
Rp 647.000,00
|
BAB V. ASPEK MANAJEMEN
5.1 Kepemilikan
Usaha
Percetakan Kecil ini merupakan usaha milik Dua Orang, dimana pengurus usaha
adalah:
Nama usaha
: Sahabat
Fotocopy
Nama pemilik/pimpinan usaha : Nurul Eliza dan Fina Miliyani
Alamat kantor/tempat usaha :
Jl. Kartini depan Sdn 015 Penawa Darat No 20 Berancah
No. Telp
:
082285412491
/ 082283506463
karyawan/tenaga kerja : 1 orang
5.2 Struktur Organisasi
Struktur Organisasi
5.3 Tim Manajemen
Untuk menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur
organisasi Sahabat Fotocopy
maka diperlukan suatu uraian pekerjaan sebagai berikut:
·
Nama Jabatan : Pemilik Usaha
Hubungan Organisasi : Dengan Karyawan
Ringkasan Pekerjaan : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan
tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
Tugas dan
tanggung jawab :
a.
Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang
menyangkut operasional perusahaan
b.
Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja
c.
Menjamin operasional Sahabat Fotocopy secara
hokum
d.
Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional Sahabat Fotocopy
e.
Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat
umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan financial
f.
Bertanggung jawab dalam memajukan usaha
g.
Memegang kunci master seluruh ruangan Sahabat Fotocopy
5.4 Tenaga Kerja/Karyawan
Jumlah tenaga Kerja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini ialah
1 orang karyawan ,yang bekerja dari hari Senin S/d Sabtu dengan jam oprasional
yang telah ditentukan .Dan untuk hari minggu atau hari libur Nasional Tugas dan
tangung jawab karyawan diambil alih oleh pemilik usaha dan bagian keuangan.
BAB
VI. ASPEK KEUANGAN
6.1 Kebutuhan Dana
Modal Investasi
Sewa Tempat /Tahun
|
Rp
7.000.000,-
|
1 Mesin Foto Copy
|
Rp 24.000.000,-
|
komputer pc(Acer Aspire M1201)
|
Rp 3.850.000
|
Scanner Cannon
|
Rp 799.000
|
printer(canon)
|
Rp 675.000
|
Etalase
|
Rp 1.500.000,-
|
Meja
dan Kursi
|
Rp 300.000,-
|
Alat
pemotong kertas
|
Rp 300.000,-
|
Rak kayu dan meja display
|
Rp. 1.000.000
|
Staples
besar
|
Rp 300.000,-
|
Steples
kecil
|
Rp 27.000,-
|
2 buah Cutter
|
Rp 20.000,-
|
2 buah Mistar besi
|
Rp 10.000,-
|
Total
|
Rp 45.199.000,-
|
Modal
kerja
Kertas
(F4, A4, & Q)
|
24
Rim X Rp 29.000,- = Rp 696.000
|
Tinta
mesin fotocopy
|
1kg
X Rp 125.000,- = Rp 125.000,-
|
Tinta
printer Epson
|
1
pack
Rp 125.000,-
|
Listrik Fotocopy
|
10000 lembar
X @ Rp 5 = Rp 50.000
|
2
buah Lakban
|
Rp 24.000,-
|
Isi
Staples
Besar
(1 pack)
Kecil
(1 pack)
|
Rp 38.000,-
Rp 35.000,-
|
Jilid Makalah
Kertas buffalo F4 (I Pack /100 lembar)
Plastik Mika Jilid Warna(I Pack /100
lembar)
|
Rp 27.000,-
Rp 33.000,-
|
ATK
1. 1 Pack Pulpen Gel motif snine banner @12 buah
2. 2 Pack Pulpen Gel motif paris france @12 buah
3. 3 Pack Pulpen Gel motif my friend @12 buah
4. 2 Pack Pulpen Gel motif drawing time @12 buah
5. 3Pack Pulpen Gel motif yesterday @12 buah
6. 2 Pack Pulpen Gel motif Queen @12 buah
7. 2 Pack Penghapus
bermotif @12buah
8. 2 Pack Pencil for computer @12 buah
9. 2 Pack Pengaris lipat @ 6 buah
Total ATK
|
Rp. 21.000,00 x 1 = Rp 21.000,-
Rp. 21.000,00 x 2 = Rp 42.000,
Rp. 21.000,00 x 3 = Rp 63.000,
Rp. 21.000,00 x 2 = Rp 42.000,
Rp. 21.000,00 x 3 = Rp 63.000,
Rp. 19.000,00 x 2 = Rp 38.000,
Rp. 18.000,00 x 2 = Rp 36.000,
Rp. 15.000,00 x 2 = Rp 30.000,
Rp. 12.000,00 x 2 = Rp 24.000,
Rp 383.000
|
Total
|
Rp 1.488.000
|
Biaya tetap
Gaji Karyawan
|
Rp 500.000
|
Gaji Bagian Keuangan
|
Rp 1.250.000
|
Gaji Pimpinan
|
Rp 1.250.000
|
Listrik
|
Rp 20.000
|
Biaya tak terduga
|
Rp 293.000
|
Total
|
Rp 3.313.000
|
6.2 Sumber Dana
Dana bersumber dari Modal asing, yaitu dengan mendapatkan
modal dari pihak ketiga yang tidak terlibat langsung dengan usaha yang akan
dijalankan, disini kami mendapat modal dari Bapak Desi Amirullah selaku
peminjam.
6.3 Prediksi Pendapatan
Total prediksi
pendapatan untuk 1 bulan atau 30 hari
jam kerja pada usaha Sahabat Fotocopy yang akan kami dirikan ialah
Total pendapatan kotor =fotocopy+jilid+Print
Biasa + Print Warna + Scanner +ATK
Total =Rp
3.625.000+Rp 900.000+Rp 1.050.000+Rp 900.000+Rp 60.000+Rp 647.000
=Rp 7.182.000
Maka :
Prediksi pendapatan Bersih:
=Total Pendapatan kotor – Biaya Oprasional – Biaya tetap
= Rp 7.182.000 - Rp
1.488.000 - Rp
3.313.000
= Rp
2.381.000
Jadi prediksi pendapatan bersih selama 1 bulan ialah Rp 2.381.000
6.4 Prediksi Biaya
6.4.1
Foto copy
a.
Kertas
Rp 29.000 / 500 lembar = Rp 58
Rp 58 x 9.000
lembar =Rp 522.000
b.
Tinta => 1kg = Rp 125.000,-
=> 1 kg
untuk 20.000 lembar
=> Rp 125.000 / 20.000
= Rp 6.25
=> Rp 6.25
x 9.000 lembar
= Rp 56.250
c.
Listrik
@ Rp 5 tiap lembar
Rp 5
x 9.000lembar = Rp
45.000
d.
Total Pengeluaran Rp 623.250
6.4.2
Print Soft File
a. Print
Biasa
§ Kertas
Kertas Rp 29.000 /
500 lembar = Rp 58
Rp 58 x 2.100
lembar =Rp 121.800
§ Tinta
1 botol tinta hitam bisa menghasilkan cetakan hingga
4000 lembar dokumen teks A4.
1 pack tinta berisi 4
warna dengan harga Rp 125.000
1 botol tinta hitam
=> Rp 125.000 : 4 =
Rp 31.250
Rp 31.250 : 4000
lembar = Rp 7.8
Rp 7.8 x 2.100 lembar
=Rp 16.380
§ Listrik
@ Rp 5 tiap lembar
Rp 5 x
2.100 lembar = Rp
10.500
§ Total pengeluaran
Rp 121.800 + Rp
16.380 +
Rp 10.500 = Rp
148.680
b. Print
Warna
§ Kertas
Kertas Rp 29.000 /
500 lembar = Rp 58
Rp 58 x 900 lembar =Rp 52.200
§ Tinta
3 warna CMY bisa
menghasilkan cetakan dokumen teks warna A4 hingga 6500 lembar
1 pack tinta berisi 4
warna dengan harga Rp 125.000
3 botol tinta warna
=> Rp 31.250 x 3 = Rp
93.750
Rp 93.750:
6500 lembar = Rp 14.42
Rp 14.42x 900 lembar
=Rp 12.975
§ Listrik
@ Rp 5 tiap lembar
Rp 5 x 900 lembar
= Rp 4.500
§ Total pengeluaran
Rp 52.200 + Rp 12.975 +
Rp 4.500 = Rp 69.678
6.4.3
Jilid
§ Kertas
buffalo F4 (I Pack /100 lembar) = Rp 27.000
I lembar => Rp
27.000 / 100 lembar = Rp 270
Rp 270 x 50 jilid = Rp
13.500
§ Plastik
Mika Jilid Warna(I Pack /100 lembar) = Rp 33.000
I lembar => Rp
33.000 / 100 lembar = Rp 330
Rp 330 x 50 jilid = Rp
16.500
§ 1
pack Isi staples untuk 100 jilid Rp 38.000,-
I jilid = Rp 38.000
/ 100 = Rp 380
Rp 380 x 50 = Rp
19.000
§ 1
Lakban panjang = 12 m atau 1200 cm
1 Kertas buffalo panjang = 30 cm
Untuk 1 lakban = 1200 cm
/ 30 cm = 40 jilid
Untuk 1 jilid = Rp
12.000 / 40 = Rp 300
Biaya lakban untuk 50
jilid => Rp 300 x 50 = Rp 15000
§ Total
pengeluaran = Rp 64.000
6.4.4
Scanner
1 kali scanner biaya
listrik Rp 150
Rp 500 x 30 = Rp 30.000
6.4.5
Atk
Nama
|
Modal
|
a.
1 Pack Pulpen Gel
motif snine banner @12 buah
b.
2 Pack Pulpen Gel
motif paris france @12 buah
c.
3 Pack Pulpen Gel
motif my friend @12 buah
d.
2 Pack Pulpen Gel
motif drawing time @12 buah
e.
3Pack Pulpen Gel
motif yesterday @12 buah
f.
2 Pack Pulpen Gel
motif Queen @12 buah
g.
2 Pack Penghapus bermotif @12buah
h.
2 Pack Pencil for
computer @12 buah
i.
2 Pack Pengaris lipat @ 6 buah
|
Rp. 21.000,00 x 1 = Rp 21.000,-
Rp. 21.000,00 x 2 = Rp 42.000,
Rp. 21.000,00 x 3 = Rp 63.000,
Rp. 21.000,00 x 2 = Rp 42.000,
Rp. 21.000,00 x 3 = Rp 63.000,
Rp. 19.000,00 x 2 = Rp 38.000,
Rp. 18.000,00 x 2 = Rp 36.000,
Rp. 15.000,00 x 2 = Rp 30.000,
Rp. 12.000,00 x 2 = Rp 24.000,
|
Total
|
Rp 359.000
|
6.2.1
Total prediksi biaya produksi keseluruhan
Total = Rp
623.250+Rp 148.680 + Rp 69.678 + Rp 64.000 + Rp 30.000 + Rp
359.000
Rp 1.294.605
6.3 Prediksi Rugi Laba
§ Total
pengeluaran keseluruhan
~
Total prediksi biaya produksi
keseluruhan Rp 1.294.605
~
Biaya
tetap Rp 3.313.000
Rp 4.607.605
Laba / Rugi = Total pendapatan - Total Pengeluaran keseluruhan
Rp
7.182.000 - Rp 4.607.605
Rp 2.574.395 per bulan
Keuntungan / Laba per
hari = Rp 2.574.395 / 30
=
Rp 85.813
Keuntungan / Laba per Tahun = Rp
2.574.395 x 12
=
Rp 30.892.740
Jadi Laba yang
diperoleh dari usaha Sahabat Fotocopy yang kami dirikan yakni
Laba perhari = Rp
85.813
Laba Perbulan = Rp
2.574.395
Laba Pertahun = Rp
30.892.740
6.4 Kriteria Investasi
Untuk melihat apakah Usaha yang akan kami dirikan
layak dilaksanakan atau pun tidak . untuk mengambil keputusan tersebut kami
menggunakan metode Kriteria Investasi Pay
Back Period (PBP) yaitu:
Jumlah
investasi Rp
45.199.000,-
Laba
pada tahun ke _1
Rp. 30.892.740
PBP
= Rp 45.199.000 / Rp
30.892.740 = 1,46
Maka modal investasi dapat dikembalikan
dalam waktu 1.5 Tahun sehingga menurut
kami usaha ini layak untuk didirikan.
BAB
VIII KESIMPULAN
7.1 KESIMPULAN
Dari hasil
analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang
baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang
besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita
cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya
kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.
7.2 SARAN
Dalam menjalankan usaha fotocopy,
yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil
fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang
tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah
menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.
izin copas ya
ReplyDelete