Thursday 14 January 2016

laporan aplikasi rekam medis


BAB I
PENDAHULUAN
1.1        Latar Belakang
Puskesmas adalah organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat dan memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok (Depkes RI 1991).

Untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas sangat diperlukan kinerja Rekam Medis yang baik. Rekam Medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan (Permenkes 749a tahun 1989) sehingga menghasilkan informasi yang lengkap dan akurat untuk menunjang peningkatan kualitas dari pelayanan Puskesmas.

Untuk menunjang tercapainya tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanang kesehatan di sarana pelayanan kesehatan. Tanpa dukungan suatu sistem pengelolaan berkas rekam medis yang baik dan benar, administrasi Puskesmas atau sarana pelayanan kesehatan lainnya tidak akan berhasil sebagaimana yang diharapkan, sedangkan tertib administrasi merupakan salah satu faktor yang menentukan di dalam upaya pelayanan kesehatan di sarana pelayanan kesehatan.maka dari itu  Suatu sistem manajemen Puskesmas tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) termaksud tenaga rekam medis sebagai penunjang sarana pelayanan yang baik di puskesmas dan untuk mencapai pelayanan yang baik sangat dibutuhkan tenaga rekam medis yang profesional maka dari itu kami membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu pihak Puskesmas dalam  mengelola Rekam Medis Pasien sehingga dapat menunjang Mutu Pelayanan Puskesmas. Dengan Danya Aplikasi Rekam Medis Ini diHarapkan Dapat Meningkatkan efektifitas (kecepatan dan keakuratan informasi yang dihasilkan) dan efisiensi (mengurangi biaya operasional) dalam pengolahan data administrasi. Memperoleh keakuratan data yang dapat dipertanggung jawabkan. Memperkecil presentase kerusakan (hilang atau hancur) data.



1.2      Batasan Masalah
Untuk memperjelas rancanan aplikasi Rekam Medis yang kami buat kami memberikan batasan agar aplikasi Rekam Medis yang akan kami buat nantinya akan lebih terfokus.adapun batasan masalah  dalam aplikasi ini ialah:
1.            Aplikasi ini hanya sampai pada rekapitulasi rekam medis dan tidak sampai pada ke transaksi.
2.            Untuk menu pada Aplikasi  kami  akan sediakan ialah View,Save,Update,Dalete ,Clear dan pencarian data serta Keluar dari Form.

1.3      Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah Aplikasi Rekam Medis di Puskesmas ini selain dari untuk memenuhi Tugas Besar Teori Basis Data namun juga sebagai bentuk penjelasaan dari Aplikasi Rekam Medis di Puskesmas yang telah dibuat agar  pengguna dapat memahaminya agar tidak terjadi kesalahan dalam pengoprasian aplikasi.sehingga dengan adanya system aplikasi ini diharapkan dapat membantu Pihak Puskesmas dalam meningkatkan mutu Pelayanan Puskesmas dalam hal Rekam Medis tanpa membutuhkan Tenaga Ahli yang Profesional.

1.4      Manfaat
Manfaat Dari Aplikasi ini ialah:
1.      Membantu Pihak Puskesmas dalam meningkatkan mutu Pelayanan Puskesmas dalam hal Rekam Medis tanpa membutuhkan Tenaga Ahli yang Profesional.
2.      Meningkatkan efektifitas (kecepatan dan keakuratan informasi yang dihasilkan) dan efisiensi (mengurangi biaya operasional) dalam pengolahan data administrasi.
3.      Memperoleh keakuratan data yang dapat dipertanggung jawabkan.
4.      Memperkecil presentase kerusakan (hilang atau hancur) data.
5.      Menambah wawasan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemudahan dalam kehidupan bagi semua pihak.


BAB II
DASAR TEORI

2.1                         Basis Data
Basis Data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

2.2                         Database
Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Struktur database secara fisik data dalam bentuk kumpulan bit dan direkam dengan basis track didalam media penyimpan eksternal. Dalam prakteknya, untuk kemudahan dalam mengakses data, data disusun dalam suatu struktur logis yang menjelaskan kumpulan tabel menyusun basis data.

2.3                        Microsoft Visual Basic
Microsoft Visual Basic.NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak diatas sistem. NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para PROGRAMMER dapat membangun aplikasi Windows Forms, aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command line.

2.4                        Microsoft SQL Server
SQL adalah singkatan dari Structured Query Language. Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa query utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL Server digunakan didunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakanya SQL server pada basis data besar.

2.5                        File
File adalah sesuatu yang berisi berbagai informasi yang berguna dan penting bagi setiap orang yang membutuhkannya.


2.6                        Record
Record adalah suatu kumpulan beberapa field yang mempunyai tujuan yang sama.field dalam suatu record mempunyaisuatukerja yang sama dalam tujuannya,walaupun field-field tersebut berada dalam satu kesatuan namun masing-masing field dapat diakses secara individual.

2.7                        Atribut/Field
Atribut/field adalah suatu unit terkecil didalam data base, yang berisi karakter(byte). Kemudian setiap field memiliki tipeyang berbeda-beda,tergantung dari penggunaan field ini.kemudian field ini merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data.

2.8                        Entitas
Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas.dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model menggambarkan komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.



2.9  Kardinalitas
Derajat relasi atau kardinalitas rasio adalah Penjelasan jumlah maksimum hubungan antara satu entitas dengan entitas lainnya .Terdiri atas:One to One (1:1),One to many (1:M / Many) dan Many to Many (M:M).



























BAB III
PERANCANGAN BASIS DATA

1.1  Rancangan Erd
1.2  Rancangan Table
1.2.1              Table Pasien
Field
Type
Id_Pasien
Varchar (20) primary key
Nama_Pasien
Varchar (30)
Jenis_Kelamin
Varchar (2)
Umur
Varchar (20)
Alamat
Varchar (30)

1.2.2              Table Registrasi
Field
Type
Id_Registrasi
Varchar (10) primary key
Tgl_Registrasi
Varchar (20)
Id_Pasien
Varchar (20)
Id_Karyawan
Varchar (30)
Keterangan
Varchar (40)

1.2.3              Table  Karyawan
Field
Type
Id_Karyawan
Varchar (10) primary key
Nama_Karyawan
Varchar (20)
Alamat
Varchar (20)
Jenis_kelamin
Varchar (2)
No_Hp
Varchar (20)







1.2.4              Table Rekam Medis
Field
Type
Id_Rekam_Medis
Varchar (20)
Tanggal
Date
Id_Registrasi
Varchar (10)
Id_Dokter
Varchar (10)
Kd_Dokter
Varchar (20)
Diagnosa
Varchar (30)
Pengobatan
Varchar (30)
Obat
Varchar (30)
Jumlah
Money
Aturan _Pakai
Varchar (10)
Keterangan
Varchar (40)

1.2.5              Table Obat
Field
Type
Id_Obat
Varchar (10) primary key
Tgl_Kaduarsa
 Varchar (30)
Nama_Obat
Varchar (30)
Jenis  
Varchar (10)
Stock
Varchar (10)

1.2.6              Table Dokter
Field
Type
Id_Dokter
Varchar (20) primary key
Nama_Dokter
Varchar(10)
Alamat
Varchar (30)
No_Hp
Varchar (30)


1.3  Interface
Adapun Interface untuk menu Aplikasi Rekam Medis ialah sebagai berikut:
1.      Menu View





2.     Menu Update


3.     Menu Simpan



4.     Menu  Delete


















BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

4.1. Implementasi Program
Tujuan dilakukan pengujian dan implementasi ini adalah untuk memastikan  apakah fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini dapat berjalan sesuai fungsinya atau tidak.
Adapun tampilan form untuk aplikasi ini ialah:
1.      Tampilan  Form Beranda
2.      Tampilan Form Karyawan
3.      Tampilan Form Obat
4.      Tampilan Form Dokter
5.      Tampilan Form Pasien







6.      Tampilan Form Registrasi
7.      Tampilan Form rekam Medis







4.2. Metode Implementasi
Metode implementasi memakai metode Black-Box, merupakan tahap pengujian yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Pengujian ini bertujuan untuk menunjukkan fungsi perangkat lunak tentang cara beroperasinya. Apakah pemasukan data telah berjalan sebagaimana yang diharapkan dan apakah informasi yang tersimpan dapat dijaga tingkat kemutakhirannya.





















BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1    Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembuatan laporan Tugas Besar Basis Data inia ialah:
1.         Aplikasi Rekam Medis Puskesmas merupakan Sebuah Sistem Aplikasi yang masih sederhana.Dimana Sistem Kerja Dari Aplikasi ini ialah…..
2.         Dari hasil pembuatan laporan ini dapat dilihat Menu yang ditawarkan dari Sistem Aplikasi Rekam Medis ini ialah Melihat Data,Menambah Data,Memperbaharui Data Menghapus Data dan Pencarian Data.
3.         Sistem yang terkomputerisasi akan mempermudah pekerjaan dalam memasukan data secara akurat, cepat dan relevan.
4.         Dengan menerapkan sistem Aplikasi Rekam Medis diPuskesmas yang sudah terkomputerisasi pencatatan rekam medis bisa dilakukan lebih cepat Selain itu, dengan sistem ini pencarian data pasien juga lebih mudah Dan akan mengurangi kemungkinan kehilangan data pasien

5.2    Saran
Adapun saran yang perlu di tindaklanjuti dari hasil laporan Aplikasi RekamMedis terhadap Program Apikasi Rekam Medis yang kami buat yakni:
1.      Sistem Aplikasi yang dibuat masih belum sempurna. untuk tampilan form masih terlalu sederhana.
2.      Sistem ini masih bisa dikembangkan lagi dengan menambahkan komponen komponen untuk membuat tampilan form menjadi menarik.





No comments:

Post a Comment