Pengenalan Visual BASIC
1. Pendahuluan
Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic
Instruction Code) merupakan
sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual BASIC menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu
pada metode pembuatan tampilan program (Interface) atau
objek pemrograman
yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam Visual BASIC, pembuatan program
aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project.
Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal
(.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat populer pada era sistem operasi DOS
.
.
2. Memulai Visual
BASIC
Untuk memulai
pemrograman dengan Visual BASIC, jalankan program Microsoft Visual
BASIC 6.0. Selanjutnya pada tampilan awal akan ditampilkan kotak dialog
New
Project seperti
pada gambar 1.1.
Gambar 1.1. Tampilan Kotak Dialog New Project
Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 buah tab yang terdiri
dari:
· New (menampilkan daftar pilihan untuk membuat project baru)
· Existing (untuk browsing dan membuka project)
· Recent (untuk membuka project yang sering digunakan).
Untuk pembuatan program pertama kali pilih tab New, pilih Standard EXE lalu klik
Open. Selanjutnya muncul tampilan utama Visual BASIC 6.0 seperti pada gambar
1.2.
Toolbar
Menu Bar
Form Designer
Project Explorer
Toolbox
Code Window
Property Window
Gambar 1.2. Tampilan Utama Visual BASIC
6.0
3. Komponen – Komponen Visual BASIC
a. Menu Bar
Menampilkan daftar menu yang berisi daftar
perintah-perintah yang dapat digunakan
saat bekerja pada Visual BASIC. Terdiri dari menu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan
Help.
Gambar 1.3. Menu Bar
b. Toolbar
Digunakan untuk
mengakses
perintah-perintah
dalam menu
yang sering dipakai
secara cepat.
Gambar 1.4. Toolbar
c. Toolbox
Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain tampilan program
aplikasi
yang akan dibuat.
Gambar 1.5. Toolbox
d. Project
Explorer
Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif.
Gambar 1.6. Project Explorer
e. Property Window
Digunakan untuk mengatur properti dari komponen-komponen yang sedang diaktifkan. Property merupakan karakteristik dari
sebuah objek.
Gambar 1.7. Property Window
f. Form Designer
Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan
dari
aplikasi
yang akan dibuat.
Gambar 1.8. Form Designer
g. Code Window
Merupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program.
Gambar 1.9. Code Window
Pada pemrograman
Visual
BASIC,
form digunakan
sebagai
komponen utama untuk mendesain tampilan program. Secara umum sebuah komponen/objek dalam
Visual BASIC
memiliki
3 karakteristik utama yaitu:
· Properti
· Event
· Metode
· Properti
Adalah karakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukkan ciri
/karakteristik suatu objek. Misalnya
BackColor menunjukkan warna latar
belakang, Font menunjukkan jenis
dan ukuran font yang digunakan, dan
sebagainya. Pengaturan properti
suatu objek dapat diatur dengan 2 cara.
Cara pertama adalah dengan mengatur
komponen melalui Property Window.
Cara kedua adalah dengan memberi
baris program
pada Code Window dengan
urutan penulisan sebagai berikut:
<Nama_Objek> . <Property> = <Nilai/Value>
Contoh :
Untuk mengatur judul/caption form1 menjadi “Program Pertama” dapat
dilakukan dengan memberi
kode program:
Form1.Caption=”Program
Pertama”
· Event
Menunjukkan kejadian yang terjadi pada
sebuah objek. Misalnya
kejadian
ketika command1
diklik (event Command1_Click), kejadian ketika form loading
pertama kali (event Form_Load), dan sebagainya.
Contoh :
Private Sub Form_Load()
Form1.Caption = ”Program Pertama”
End Sub
Keterangan : Program akan mengubah caption dari form1 menjadi Program
Pertama ketika form pertama kali ditampilkan (Form_Load).
· Metode (Method)
Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu
tindakan di
mana objek dapat di bentuk.
Contoh :
Form1.Cls
Keterangan : Perintah ini digunakan untuk membersihkan form.
Program I Mendesain Form
Setelah tampilan
utama
Visual
BASIC
6.0
muncul
pada layar monitor, Ubah
properti form1 melalui Property Window, dengan urutan sebagai berikut:
Property
|
Nilai
|
(Name)
|
FrmPertama
|
Caption
|
Program Pertama
|
Height
|
3000
|
Width
|
4000
|
Gambar 1.10. Desain Form1
Untuk menjalankan program
klik menu Run à Start atau menekan tombol
F5. Program dapat dihentikan dengan menutup Form menggunakan tombol close (
) pada pojok kanan atas form atau dengan mengklik tombol Stop pada Toolbar.
: Run à untuk menjalankan program
: Break à untuk menghentikan program
sementara.
: Stop à untuk menghentikan program.
Menuliskan Program
Untuk menuliskan program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah
mengaktifkan Code Window melalui menu View à Code. Pada jendela kode
terdapat dua buah pilihan. Pilihan sebelah kiri digunakan untuk menentukan objek
yang akan diberikan event, sedangkan pilihan sebelah kanan digunakan untuk menentukan jenis event yang diberikan kepada objek.
Gambar 1.11. Menuliskan Program
Listing Program I
Private Sub Form_Load()
frmpertama.BackColor
= vbBlue
End Sub
Private Sub Form_Click()
frmpertama.Caption = “Form di
klik”
End Sub
Jalankan program kembali, dan klik pada form, lihat perubahan yang terjadi pada form.
Simpan project dan form.
No comments:
Post a Comment