Friday 27 February 2015

makalah sistem operasi komputer



1.      LATAR BELAKANG

Struktur organisasi adalah keseluruhan dari tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam fungsi-fungsi yang ada sehingga merupakan suatu kesatuah hamonis, yakni diarahkan dan dikembangkan secara terus menerus pada suatu tujuan tertentu menuju kondisi optimal, struktur suatu organisasi digambarkan dalam bentuk suatu skema organisasi atau organigram, yaitu suatu lukisan grafis yang menjelaskan berbagai hubungan organisatoris, baik vetikal maupun horizontal, antar bagian maupun antar individu. Dengan kata lain, oganigram memberikan gambaran tentang struktur personalia, yakni penempatan individu-individu pada posisi-posisi yang ada dalam suatu organisasi. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan siapan-siapan yang memegang tampuk pimpinan, apa dan kepada siapa tugas, wewenang, tanggung jawab, serta posisi yang diberikan.

Perlu diperhatikan di sini, bahwa penyusunan stuktur organisasi perlu dilandasi ole hide dan imajinsi yang memungkinkan  perkembangnya diri individu yang akan menangani permasalahan organisasi, Tentunya dalam hal ini individu akan dituntut untuk memiliki “kemampuan abstraksi” pada tingkat tertentu sehingga mampu menghayati dan menyederhanakan kenyataan-kenyataan yang ada (dalam dimensi ruan dalam waktu).

2.      TUJUAN
     Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah orkom dan untuk mengetahui,memahami apa itu organisasi computer, struktur computer, dan fungsi computer.






BAB II
PEMBAHASAN

1.      Komputer
Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang artinya menghitung. Dalam Basaha Inggris disebut“to compute”Komputer  merupakan sebuah mesing hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.
Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan dua perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya,yaitu:
1.      Perangkat keras computer(hardware)
2.      Perangkat lunak computer(software).
Perkembangan  komputer  meliputi  peningkatan kecepatan processor, penyusutan ukuran  komponen,  peningkatan  ukuran memori  dan  peningkatan  kapasitas  serta kecepatan I/O. Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu:
a.       Sebelum tahun 1940
b.      Sesudah tahun 1940
Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu, atau yang sering disebut sebagai Software Komputer (perangkat lunak). Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri:
http://2.bp.blogspot.com/-Hu5m5XS14Qo/U1XW1YWtssI/AAAAAAAAACk/GZvsdT7Kh90/s1600/skema+3.JPG
                                    Gambar: unit dasar fungsional pada komputer
Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.
Dalam bentuk yang paling sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika dan logika, keluaran dan control.



2.      Organisasi Computer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, system memori dan sinyal-sinyal control.
Organisasi computer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional computer dan hubungan antara komponen system computer contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hasdware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. 
           
            Objek Organisasi Komputer
·         Unit-unit operasional computer
·         Hubungan antara komponen sistem computer
·         Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal.

3.      Struktur dan fungsi utama computer

1.      Struktur utama computer
Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponennya saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar di bawah ini:




http://4.bp.blogspot.com/-36rf0gj4OT8/U1XZHFpkduI/AAAAAAAAADI/hM1DrRUum94/s1600/struktur+komputer.JPG 







Struktur internal computer terdiri dari 4 yaitu:
o   Central Processing Unit (CPU): Mengontrol  operasi computer dan membentuk fungsi - fungsi  pengolahan data lainnya.
o   Memori Utama: Menyimpan Data.
o   I/O: memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luarnya.
o   System Interconnection: Beberapa mekanisme komunikasi antara CPU, Memori Utama dan I/O.

2.      Fungsi computer
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana, Pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi. Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.

http://1.bp.blogspot.com/-SW0bu1AQnnE/U1XZc4LxJYI/AAAAAAAAADQ/21VrV1UeUGk/s1600/fungsi+komputer.JPG




Komputer mempunyai 4 fungsi yaitu :

o   Data processing/pengolahan data : Hanya beberapa metode / tipe-tipe penting dalam pengolahan data.
o   Data storange/penyimpanan data : File data disimpan dalam komponen untuk dapat dicari dan diperbaharui nantinya.
o   Data movement/pemindahan data : Ketika data diterima ke peralatan yang terhubung dengan komputer maka prosesnya disebut I/O dan dikenal sebagai sebagai peripheral
o   Control/Kontrol : Dikerjakan oleh individu yang menyediakan komputer dengan instruksi- intruksi.


4.      Garis besar buku

1.      Pengantar Organisasi Komputer.
Berisi penjelasan tentang organisasi komputer, perbedaan utama organisasi computer   dengan arsitektur komputer, struktur dan fungsi utama komputer, konsep dasar operasi komputer, dan garis besar dari buku yang dipelajari.
2.      Evolusi dan Kinerja Komputer
Berisi penjelasan tentang sejarah teknologi komputer, trend teknologi yang telah membuat unjuk kerja yang menjadi fokus rancangan sistem komputer, dan meninjau bermacam-macam teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien,perkembangan pentium dan power PC.
3.      Struktur CPU
Berisi penjelasan tentang komponen utama CPU dan Fungsi CPU, pembahasan struktur dan fungsi internal prosesor, organisasi ALU, control unit dan register, dan fungsi prosesor dalam menjalankan instruksi-instruksi mesin.
4.      Memori
Berisi penjelasan tentang memori utama komputer, tipe dari memori, waktu dan pengontrolan,pembetulan kesalahan dan cache memori termasuk didalamnya adalah fungsi pemetaan.
5.      Peralatan Penyimpanan
Berisi penjelasan tentang peralatan penyimpanan data diluar memori utama dan CPU, diantaranya seperti magnet disk, RAID, Magnet Tape dan Optical Disk.
6.      Unit Masukan dan Keluaran
Berisi penjelasan tentang system komputer unit input/output, prinsip dan teknik untit input/output dan penjelasan singkat mengenai peralatan luar (External device).
7.      Bus
Berisi penjelasan tentang struktur antar hubungan, bus antar hubungan, elemen dari desain bus, PCI, SCSI, Fire wire                           dan USB.



























BAB III
KESIMPULAN

1.      KESIMPULAN

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Sebgagaimana contoh aspek organisasionalnya adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, system memori dan sinyal-sinyal control.

Sementara itu organisasi komuter juga tidak terlepas dari struktur dan fungsi. Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponennya (komponen komputer) saling terkait dan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen tadi sebagai bagian dari struktur (fungsi operasi).


















DAFTAR PUSTAKA











No comments:

Post a Comment