Sunday 11 November 2018

Menggerakkan Servo Dengan Sensor Hujan (Rain Sensor)


Bagi mereka yang mengeluti di bidang elektonika tentu menjadi hal yang tidak asing lagi dengan sensor hujan (rain sensor) sangat berbea sekali dengan saya yang menggeluti bidang IT. Bukan curhat namun dulunya saya sanagt kebingungan tentang sensor ini. Tapi untngnya saya menemukan dosen pembimbing yang faham akan dunia elektronika. Sebelum kita ke tutorial Menggerakkan Servo Dengan Sensor Hujan (Rain Sensor) terlebih dahulu ingin mengenalkan sensor hjan yang saya kutip dari salah satu jurnal karya Siswanto dan Winardi, 92015) Sensor hujan merupakan alat switching yang digerakkan berdasarkan curah air (hujan). Sensor hujan menggunakan plat PCB (printed  circuit board) yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai sisir. Ukuran penampang  sensor hujan 63mm x 97mm. Jarak batang sisir yang satu dengan yang lain adalah satu mm(milimeter), sedangkan ukuran untuk batang sisir adalah dua millimeter. Berikut adalah tutorial Menggerakkan Servo dengan Sensor Hujan (rain sensor).
A.    Alat & Bahan
1.      Arduino
2.      Arduino shield / papan projek (saya menggunakan arduino shield)
3.      Servo
4.      Sensor hujan
5.      Kabel jumper
6.      Laptop yang sudah terinstal Arduino IDE
B.     Langkah Kerja
1.      Rangkai alat seperti di gambar


2.      Buka Software Arduino IDE dan ketik sourcode di bawah ini

3.      Hubungkan kabel usb arduino ke laptop
4.      Setelah port terbaca, upload program
5.      Berikan air pada penampang sensor hujan dan lihat hasilnya servo akan bergerak sesuai perintah yang telah di buat pada sourcode
6.      Berikut merupakan kondisi sensor dalam keadaan kering. Servo akan bergerak secara berulang setelah sensor di beri air dengan gerak servo 900.

7.      Berikut merupakan kondisi sensor hujan di beri air atau dalam keadaan hujan, servo akan bergerak sejauh 1800.


Dengan mengkombinasikan sensor hujan dengan peralatan elektonika lainnya tentu sanagt membantu kita menuangkan ide kreatif kita yang dapat membantu kita . Oke sobat IoT demikian tulisan saya kali ini. Jangan lupa terus baca artikel saya yang lain karna masih banyak lagi artikel artikel yang membahas seputar IoT dan IT.
#Salam_IT&IoT_AnakTeknik_dariPulauBengkalis

No comments:

Post a Comment